Augmented Reality, Tren Konten Mobile Masa Depan



Menjalankan berbagai aplikasi dan game melalui ponsel cerdas, itu sudah biasa. Tapi, merasakan gabungan antara konten aplikasi dan dunia nyata, itu baru luar biasa.
Konsep penggabungan konten di antara dua dunia yang berbeda ini disebut juga dengan augmented reality (AR).
Melalui aplikasi AR, pengguna tinggal mengarahkan ponsel ke suatu objek, lalu akan muncul konten dan informasi yang berkaitan tentang objek itu di layar ponsel. Hasilnya, sebuah pengalaman yang lebih interaktif.
Pemanfaatan AR sangat beragam bentuknya. Di dunia gaming, misalnya, pengguna bisa diarahkan untuk mencari objek tertentu di dunia nyata untuk memperoleh tambahan poin. Di dunia pemasaran, pemilik brand dapat menyajikan informasi yang jauh lebih menarik dibandingkan sekadar display iklan. Sementara itu, di dunia jejaring sosial, pengguna bisa mencari posisi teman-teman serta tempat-tempat menarik (point of interest/POI) yang terdekat dari lokasinya berada.

Tren Masa Depan
Melihat konsep AR yang diperkirakan akan menjadi tren konten mobile masa depan, Qualcomm membangun sebuah platform AR bernama Vuforia.
Vuforia sudah dapat dipasang di lebih dari 400 model ponsel cerdas dan tablet berbasis prosesor Snapdragon. Platform ini pun dapat berjalan di sistem operasi iOS, Android, dan Unity 3D.
Dalam setahun terakhir, Vuforia sudah dipergunakan dalam lebih dari 1000 aplikasi dan menarik minat 30 ribu pengembang mobile dari 130 negara. Beberapa aplikasi itu seperti 3lliards – AR Pool, Captain’s Conquest, Floodlines, Peppa’s Magic Camera, Spacecraft 3D, dan The Amazing Spider-Man AR.
Aplikasi AR berbasis Vuforia juga telah dimanfaatkan oleh sejumlah brand ternama sebagai sarana promosi dan pemasaran sekaligus menjalin keterikatan (engagement) dengan konsumen. Contohnya Audi, Cadbury, Ford, Johnson & Johnson, Maybelline, Mercedes Benz, Nike, dan Sony Pictures Entertainment.
Demonstrasi aplikasi-aplikasi AR berbasis Vuforia bisa ditonton di: http://www.youtube.com/watch?v=KmMGGeCuYrQ

Previous
Next Post »